Usaha Mencegah Penyakit Batu Ginjal Kambuh

Ini rahasia dan usaha mencegah penyakit batu ginjal.

Gara-gara rutin mengunjungi dan mengurus administrasi di bidang kesehatan, saya sering mendapatkan brosur mengenai informasi-informasi penyakit dan pencegahannya, brosur penawaran kesehatan.

Informasi yang saya dapatkan sangat menarik bagi saya karena dengan info dibidang kesehatan ini saya bisa sedikit banyak melakukan usaha pencegahan pada diri dan keluarga akan bahaya penyakit tersebut. Ingat kesehatan saat ini menjadi barang yang mahal harganya. Bila tubuh tidak sehat maka aktifitas akan terganggu, dan pekerjaan dan mata pencaharian pun akan ikut terganggu.
Nah, salah satunya adalah mengenai penyakit batu ginjal, jika berkenan baca sampai habis karena ada manfaatnya bagi pembaca #blog ini.

Penyakit batu ginjal banyak dialami masyarakat Indonesia terutama kaum pria. Adapun faktor  yang berperan apada pembentukn batu ginjal meliputi ras, keturunan, jenis kelamin, bakteri, kurang minum, pekerjaan, makanan dan suasana ditempat kerja.

Batu ginjal adalah benda keras yang menyerupai batu yang terbentuk disepanjang saluran kemih dan menyebabkan nyeri, pendarahan, penyumbatan saluran kemih. Prosesnya terbentuk didalam ginjal maupun didalam kandung kemih, prosesnya disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis).

Gejala yang ditimbulkan oleh batu ginjal ini jika ukuran cukup besar:
  1. Nyeri perut bagian bawah sampai dengan punggung
  2. Mual dan muntah
  3. Perut menggelembung
  4. Demam dan menggigil
  5. Buang air kecil disertai darah
Bila terjadi penyumbatan dalam saluran kemih dapat mengakibatkan infeksi, dan bila berlangsung lama dapat mengakibatkan hodronefrosis (ginjal terisi penuh dengan air), sampai akhirnya bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

Usaha mencegah lebih baik dari pada mengobati penyakit batu ginjal:
  1. Dianjurkan minum air putih yang banyak (8-10 gelas/hari)
  2. Diet rendah kalsium, kurangi makanan seperti susu dan telor dll
  3. Mengkonsumsi makanan seperti bayam, kangkung, kacang-kacangan, dan the
  4. Mengurangi asupan daging
  5. Sering konsumsi buah semangka
  6. Perhatikan kesehatan gigi.
#Batu ginjal yang sudah besar dapat dikeluarkan dengan operasi. Salah satu prosedur mengeluarkan batu ginjal menjadi fragmen kecil-kecil sehingga dapat dikeluarkan secara alamiah atau dengan jalan pengisapan yaitu percutaneous ultrasonic lithotripsy dan extracorporeal shock wave lithotripsy.

Sebarkan info ini jika bermanfaat untuk keluarga dan teman Anda.

Salaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar