Kisah Memperbaiki Mesin Pompa Air Rusak

Semangkadaunsirih-Manteman, Cerita dibawah ini ketika saya mengunjungi tempat perbaikan service dinamo.

Rp. 200.000 pak!, jawab anak muda di tempat service dynamo ketika saya menanyakan biaya memperbaiki mesin pomp air rusak karena tidak mau berputar/hidup. Karena dicek sebelumnya mengenai kelistrikan tidak ada masalah.

Saya jelaskan bahwa dari cerita istri saya, keluar asap ketika mesin air tersebut dihidupkan. Dan ketika bagian kumparan dibuka tampak lilitan emailnya hangus(ada bagian hitam tanda hubungan pendek dan terbakar). Dan ketika saya konfirmasi kepada istri saya, kok bisa mesinnya tidak hidup dan terbakar, jawabnya kesiram air, jadi mesin air korslet. Waduh kalau begitu selesai deh, lem biru…lempar beli baru. Tapi pilihan saya mencoba untuk memperbaiki dulu alis dibawa ke om service.

‘Bisa kurang tidak biaya segitu,’ Tanya saya, karena biayanya masih tinggi / mahal bagi saya. ‘Ngga bisa kurang lagi pak, karena menggunakan kawat banyak pak (kawat email/tembaga untuk membuat lilitan kumparan) dan ditambah biaya perbaikan,’ jawab si tukang #service.

‘Ok deh kalau begitu langsung kerjakan,’ perintah saya. Setelah hampir satu jam dikerjakan karena bagian kumparan tersebut, karena tipe mesin air dan mereknya kebetulan sama, jadi diganti sekalian dengan kumparan berserta dengan rumahnya. Selesai dirakit dan dicoba dihidupkan mesin air berfungsi dengan baik. Cerita dan cerita dengan om service, bahwa mesin air dengan merek tersebut harganya lumayan tinggi dengan tipe dan merek berbeda, walau belum saya cek kebenarannya. Dan sempat bolak-balik ketempat service tersebut karena baut body pada mesin tersebut ada yang belum terpasang.

Kok hari gini masih menggunakan mesin air? Sudah kita tahu bersama bahwa air merupakan kebutuhan utama. Apalagi bagi saya mempunyai tiga orang anak yang masih kecil-kecil. Ditempat saya, air pam yang dialirkan kerumah tidak selalu lancar, kadang mengalir besar, kadang mengalir kecil bahkan tidak mengalir sama sekali, walau sumber air pam terpenuhi karena dekat dengan sungai. Air pam yang mengalir ketempat rumah kami, airnya keruh dan bahkan ada lumutnya. Jadi ketika kondisi air mengalir kecil, maka saya dan istri menggunakan mesin pompa air untuk mengisap dan mendorong air ke drum penampungan air. Ternyata jadi panjang cerita mesin air korslet ini.

Dari penjelasan om service, beberapa tip menggunakan mesin air dengan baik:
  1. Jauhkan pembuangan air/kran air letaknya dari mesin air
  2. Cek pada mesin air tersebut kalau ada lobang baut karena kalau ada percikan air dan air masuk dari lobang tersebut ke dalam dinamonya bisa menyebabkan kerusakan mesin air (korslet)
  3. Hidupkan mesin air dalam waktu yang singkat, paling lama sekitar 1 jam maksimal 2 jam untuk tipe mesin yang kecil.
  4. Jauhkan mesin air dari percikan air secara langsung (air hujan dll) kalau perlu diberi penutup mesin.
  5. Gunakan spek mesin air yang sesuai untuk penggunaannya.

Semoga berguna dan bermanfaat kisah memperbaiki mesin pompa air rusak, foto-fotonya menyusul om.
Sebarkan dan bagikan info ini untuk keluarga dan teman Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Dia Penyakit Dari Bahaya Merokok

Yuk Mengenal Pemilihan Hakim Agung

Usaha Mencegah Penyakit Batu Ginjal Kambuh